December 22, 2008

Civilization: War of Two Cities


Kalau Anda pernah muda (hiperbola dikit).. pasti pernah tau gamenya Sid Meier yang berjudul Civilization. Menurut saya sih itu salah satu game legendaris karena saya gameplaynya yang kompleks namun masih fun untuk dimainkan.

Nah War of Two Cities (WoTC) ini bener-bener beda sama Civilization yang klasik. Anggap saja ada sebuah mobile game baru yang "menumpang" judul dan nama beken Sid Meier. Gameplaynya sendiri simple. Kita memilih salah satu dari empat peradaban yang disediakan antara lain : Jepang, Amerika Serikat, Romawi dan Rusia. Masing-masing kebudayaan memiliki kelebihan yang berbeda-beda ketika game baru akan dimulai.

Gameplaynya sendiri, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, sangat berbeda dengan Civilization klasik yang dikenal dengan genre "turn-based-strategy". Perang di WoTC ini berlangsung realtime dan kita tidak menggerakkan langsung masing-masing unit. Kita hanya tinggal mengklik / tap button untuk create unit yang diinginkan, lalu unit tsb akan perlahan-lahan maju ke wilayah musuh. Unit-unit ini hanya akan bergerak maju dan sama sekali tidak akan berjalan mundur.

Terdapat ketiga unit yang bisa kita ciptakan antara lain infantry, range-unit dan mobile-unit. Ketiga unit ini masing-masing memiliki kelemahan dan kekuatan seperti sistem gunting-batu-kertas yang sangat terkenal itu. Kurang lebih infantry akan menang melawan range-unit, range-unit akan menang melawan mobile-unit dan mobile-unit sendiri akan dengan mudah "melindas" infantry.

Selain itu kita juga bisa menembakkan artileri dari kota kita untuk membantu frontliners kita mencapai kota musuh. Begitu unit kita menyentuh kota musuh, maka round selesai dan kita akan menang. Kita dapat melakukan upgrade teknologi yang dapat meningkatkan level daya serang maupun pertahanan kita setiap level.

Game ini ditest di handset Treo 750v. Selain untuk Windows Mobile, WoTC juga dibuat untuk Blackberry dan Java Games.

No comments:

Post a Comment

Leave your comments ~>